Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LinkAja Sebagai Uang Elektronik BUMN Pesaing Gopay dan OVO

munwap

Di tahun 2019, tepatnya di bulan Februari pengguna uang digital atau Fintech kembali disuguhkan dengan aplikasi uang digital atau uang elektronik baru yang bernama LinkAja yang bisa di unduh di Play Store dan App Store.

LinkAja sebenarnya merupakan transformasi dari uang digital bernama T-Cash besutan dari Telkomsel.

Baik T-Cash ataupun saat ini berubah nama menjadi LinkAja adalah sama-sama dikelola oleh perusahaan pelat merah alias BUMN.

Jika sebelumnya T-Cash hanya di kelola oleh Telkomsel secara tunggal namun kali ini LinkAja pengelolaannya ditambah menjadi gabungan dari 4 bank pemerintah yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN, dan 4 perusahaan non bank yaitu Telkomsel, Pertamina, Jiwasraya, dan Danareksa yang kemudian pengoperasiannya dipegang oleh PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Fungsi dan Fitur LinkAja

Dari segi fungsi dan fitur LinkAja adalah sama seperti sebelumnya yaitu T-Cash sebagai uang digital atau uang elektronik yang dikhususkan untuk pengguna Telkomsel sebagai alat pembayaran berbagai kebutuhan seperti pengisian pulsa dan internet, pembayaran listrik, bpjs, belanja online dan lain-lainnya.

Migrasi T-Cash menjadi LinkAja harus mampu bersaing dengan kompetitornya yang telah lebih dulu menggaet pelanggannya yaitu Go-Pay dan OVO yang juga banyak memberikan berbagai promo-promo menarik bagi pelanggannya

Cara Pendaftaran Akun LinkAja

Cara pendaftaran akun LinkAja sangat mudah dan sederhana sama seperti registrasi akun Go-Pay dan OVO yaitu menggunakan nomor ponsel dan email yang aktif.

Pendaftaran nomor selular tidak terbatas hanya khusus pengguna Telkomsel akan tetapi semua pelanggan provider manapun di Indonesia boleh registrasi akun LinkAja.

Cara Top Up Saldo LinkAja

Saat pertamakali saya menggunakan dan top up saldo LinkAja melalui salah satu bank online yang telah saya sebutkan diatas, pengisiannyapun cukup mudah, yaitu hanya dengan memasukan no selular yang didaftarkan sebagai akun LinkAja dan kemudian mengisi nominal top up saldonya.

Hal yang menarik disini adalah bahwa pada saat saya top up saldo sebesar 100 ribu rupiah tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. "Ya... semoga aja sih akan tetap terus gratis".

Oh ya untuk top up saldo LinkAja bisa juga dilakukan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, namun saya belum pernah mencoba top up saldo di kedua minimarket tersebut jadi saya belum tahu pasti berapa biaya top up saldonya yang dikenakan.

Kekurangan dan Kelebihan LinkAja

Saya sebagai pengguna baru apps LinkAja belum bisa memberikan penilaian lebih akan kekurangan dan kelebihan layanan dan fitur pada LinkAja, akan tetapi jika melihat dari segi fungsi bahwa LinkAja adalah sama-sama sebagai alat transaksi digital sama seperti kompetitornya yaitu Go-Pay dan OVO.

Hanya yang membedakan disini adalah LinkAja di terbitkan oleh pelat merah alias BUMN sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas.

Menurut kabar nantinya semua merchant yang telah bekerjasama dengan LinkAja akan terintegrasi dengan mesin EDC sebagai media pembayaran.

munwap

Saran dan Harapan

Saya pribadi dan tanpa terkecuali bagi siapapun setiap produk baru yang diperkenalkan pastinya setiap pengguna produk tersebut mengharapkan hal-hal yang positif diantaranya adalah:

  • Mudah dan tidak berbelit-belit dalam regitrasi pembuatan akun, baik pengguna baru maupun pengguna migrasi.
  • Dapat memberikan pelayanan dengan baik dan cepat dalam merespon keluhan dari pelanggannya.
  • Saldo yang dimiliki pelanggan tetap aman meski tidak digunakan dalam jangka waktu lama.
  • Selalu tersedia update promo-promo dan diskon menarik serta selalu memberikan reward kepada pelangggannya.
  • Memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai merchant dan "online shop".
  • Menambah jaringan multipayment atau multifinance.
  • Tidak ada batasan transaksi terutama dalam pembelian pulsa dan paket data.
  • Tersedianya fitur limit penggunaan transaksi yang bisa diatur sendiri oleh pemilik akun untuk mencegah penyalahgunaan di luar sepengetahuan pemilik akun atau jika perangkat hilang.

Akhir kata sementara itu saja yang dapat saya sampaikan semoga LinkAja sebagai sarana uang elektronik persembahan BUMN ini dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya serta mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Munwap
Munwap Menulis dalam sunyi meskipun tak bermakna dan tak pandai merangkai kata.

Posting Komentar untuk "LinkAja Sebagai Uang Elektronik BUMN Pesaing Gopay dan OVO"